Firewall Address List Mikrotik


Hello Sobat , Ketemu lagi sama admin,kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Fitur Firewall Address List di Mikrotik,Apa sih Fitur Firewall Address List ??

Address List adalah sebuah fitur yang terdapat di mikrotik,Fitur ini sendiri berfungsi untuk menandai suatu konfigurasi address.dengan adanya fitur ini kita bisa menandai Address tanpa harus menggangu konfigurasi penting pada fitur lainnya Fitur Address List bisa kita jumpai di menu IP -> Firewall -> AddressList. 
Fungsi lain dari address List sendiri sebagai action pada firewall untuk membantu admin dalam menandai Address mana saja yang akan di tandai dan di masukkan ke dalam address list .Fungsi lainnya adalah membuat catatan pada alamat IP.

Membuat Catatan pada Address Di Fitur Firewall.

Address tertentu bisa kita tandai Paketnya dan di masukkan ke dalam Address List.Pengotrolan tersebut dapat kita lakukan pada menu Filter Firewall  dengan begitu setiap address yang ingin di tandai ,akan masuk ke dalam address List.

Sebelum address Listnya muncul kita tentukan dulu Filter Rulesnya,Chain dan Protocolnya kita gunakan ICMP  Yang mengarah ke Router Board kita dan actionya menggunakan add to address lists

Kita akan ambil Contoh dari gambar berikut :
Contoh Address List Oleh https://alfafarhans.blogspot.com/2015/11/lab-19-mikrotik-firewall-address-list.html


Untuk Pembuktian Maka kita kirim paket menggunakan Perintah Ping di CMD Ke arah Router Pada Address List maka akan Muncul nama Si Tukang Ping di Address List Bukan Hanya Itu saja Kita Juga bisa melihat Batas Waktu (TimeOut) Paket yang kita kirim tadi.


 Memblokir Tanda Paket di Firewall

Kita juga bisa memblokir paket yang bernama Si Tukang Ping ini di Address List dengan cara menambah lagi fitur Rulesnya .Namun pada saat Penambahan Fitur Rules kita harus menambahkan src.address listnya gunakan penambahan pada nama sebelumnya dan tambahkan action Drop untuk memblok paketnya .




Kita Uji dengan melakukan Pengriman paket berupa ping ke arah Router board tadi ,maka hasil yang di dapat kita tidak bisa melakukan ping ke arah RB karena paket yang kita kirim akan masuk ke arah Drop.



Demikian Sedikit penjelasan mengenai Fitur Firewall Address List pada Mikrotik semoga bermanfaat.Sekian

Informasi :

https://alfafarhans.blogspot.com/2015/11/lab-19-mikrotik-firewall-address-list.html
Gambar :
https://alfafarhans.blogspot.com/2015/11/lab-19-mikrotik-firewall-address-list.html

#STMIK Antar Bangsa 2019

0 Komentar

Post a Comment

Terimakasih Telah Berkunjung Di Blog Ini ,Dan Patuhi Peraturan Di blog ini
(1) Bertanya Sesuai dengan Topik
(2) Dilarang menaruh Link Aktiv Yang mengarah ke situs (Judi,Porno,Sara)
(3) Gunakan Tata bahasa yang baik Jika berkomentar
(4) Hargailah Komentar/Pendapat Orang

:: Komentar Kalian saya Tunggu::